PEMBINA KALAM WAFAT


Dr. KH Umay Jafar Shadiq MA, yang sewaktu mondok selama 6 tahun di Al-Masthuriyah akrab dipanggil Kang Uyun, Rabu 28 Febr 2018 sekitar pukul 11.30 telah dipanggi oleh Allah swt yang telah menciptakan dan memeliharanya.

Semasa hidupnya dia habiskan waktunya untuk berkiprah mengabdi kepada masyarakat. Di Jakarta tempat tinggalnya dia membina dan mengelola beberapa majlis taklim dan pengajian. Dia juga menjadi khatib di masjid Istiqlal. Di Sukabumi, di tenpat asalnya, dia membuka dan mengelola pesantren Darul Amal di Jampang Kulon. Santrinya sudah mencapai seribu orang. Fasilitas pondoknya juga lengkap karena berdiri di atas lahan seluas lebih dari 10 hektar. "Dalam ajang Musabaqah Qiraatil Kutub tingkat kabupaten dan provinsi, santri Darul Amal telah menunjukkan prestasinya", ujar Zaenal Kasi PD Pontren Kemenag Kab Sukabumi yang menjadi pembina pesantren.

Semasa di Al-Masthuriyah, dia menunjukkan keuletan dan keseriusan dalam mengaji. "Akang harus berhasil dan harus mengembangkan Jampang", begitu pengakuan ketika ditanya apa motivasi keseriusan dalam mengajinya.

Dia juga menceritakan kepada santrinya, bahwa dia ketika dia datang ke Al-Masthuriyah dalam keadaan prihatin. Dia tidak memiliki bekal apapun kecuali tekad kuat ingin bisa ngaji agar bisa mengabdi diasyarakat. "Untung saja ada Kang Uci (KH Muh Sanusi, red) yang mau menjadi orang tua asuh saya. Beliau yang memenuhi semua hajat Akang". Begitu ceritanya.

"Atas nama Keluarga Alumni Al-Masthuriyah, saya turut berduka cita. Kami merasa kehilangan. Beliau sering mensupport kegiatan Kalam". Ujar kang Bakang, ketua Kalam Pusat. "Semoga menjadi ahli sorga", doanya.

 

 

Share PEMBINA KALAM WAFAT via
©2017 - 2021 almasthuriyah.id, All Rights Reserved