Perdana, PDF Melaksanakan Ujian Nasional


Satuan pendidikan PDF (Pendidikan Diniyah Formal) untuk jenjang ulya (setara SMA/MA) yang didirikan tiga tahun yang lalu, telah memulai pelaksanaan ujian nasional (imtihan wathani) dalam format Ujian Akhir PDF berbasis nasional. Ujian ini dilaksanakan  tiga hari (10-12 Maret 2018) di masing-masing satuan pendidikan.

Ujian yang seluruhnya disajikan dalam bahasa Arab ini diawasi baik oleh Kemenag Pusat, Kemenag Provinsi, maupun Kemenag Kabupaten Sukabumi. “Insyaallah, para santri siap. Mereka tenang menghadapinya. Yang deg-degan malah para ustaznya”. Demikian jelas Ayi Abdul Basit, Sag, kepala PDF Al-Masthuriyah.

PDF Al-Masthuriyah sebagai salah satu dari 14 PDF rintisan di Indonesia. Pendiriannya ditujukan untuk melahirkan lulusan yang menguasai ilmu-ilmu agama. Hal ini ditunjang oleh kurikulum PDF yang keseluruhannya memuat pengajaran agama berbasis kitab kuning. Format PDF yang ditawarkan pemerintah, sesungguhnya sama dengan bentuk satuan pendidikan Madrasah Sirojul Athfal dan Banat yang sampai 1960-an dilaksanakan di Al-Masthuriyah (Pesantren Tipar waktu itu).

Ada 22 santri mengikuti ujian ini yang apabila dinyatakan lulus oleh Kementerian Agama Pusat, berhak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi baik di perguruan tinggi umum maupun agama. “Lulusan PDF juga berhak mengikuti Program Beasiswa Santri Berprestasi yang memberikan beasiswa penuh bagi santri untuk belajar di perguruan tinggi pilihannya”, jelas Dr, Jayadi Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama.

Para santri PDF datang dari berbagai daerah dan diwajibkan mukim di pesantren. Di Al-Masthuriyah sendiri kini sudah berdiri PDF untuk dua jenjang. Yaitu jenjang wustha (setara SMP/MTs) dan jenjang ulya (setara SMA/MA).

Share Perdana, PDF Melaksanakan Ujian Nasional via
©2017 - 2021 almasthuriyah.id, All Rights Reserved