STAI AL-MASTHURIYAH SUKABUMI


Logo STAI

Pendirian STAI Al-Masthuriyah Sukabumi didasari oleh sebuah keyakinan bahwa semua umat Islam supaya melek pendidikan harus diimbangi dengan penyediaan Lembaga terutama pendidikan tinggi. Pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan yang lahir dari masyarakat dan untuk kepentingan masyarakat. Pendidikan tinggi yang tidak mengakar pada kehidupan masyarakat hanya akan menggiring masyarakat pada keengganan untuk meningkatkan kualitasnya sesuai dengan tuntutan ajaran Agama Islam yang dianutnya.

Sebagai Peruruan Tinggi yang lahir dari keinginan masyarakat, STAI Al-Masthuriyah yang didirikan pada tahun 1982 menciptakan suausana kemasyarakatan yang kental. Dengan didukung oleh YAYASAN AL-MASTHURIYAH yang berpengalaman mengelola Pondok Pesantren sejak Tahun 1920, cita-cita STAI dapat mewujudkan keinginan masyarakat untuk menjadi ulama yang intelek dan berakhlakul karimah dapat dilaksanakan.

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Masthuriyah ini, memiliki tiga jurusan yaitu Pendidikan Agama Islam, Hukum Ekonomi Syariah, dan Komunikasi dan Penyiaran Islam. PAI adalah jurusan yang mempersiapkan dirinya untuk menjadi guru agama baik pada lembaga pendidikan formal, non-formal, maupun informal di dalam keluarganya dan masyarakat. HESy mempersiapkan lulusannya untuk dalam berperan untuk menemukan sekaligus sebagai pelaku pengembangan ekonomi berbasis syariah yang menjadi landasan muamalah umat Islam. KPI mempersiapkan lulusannya untuk menjadi komunikator dan penyebar ajaran dan agama Islam dengan menyesuaikan pada perkembangan masyarakat dan perkembangan keberagamaan masyarakat terutama dalam era komunikasi digital.

Beberapa pimpinan yang pernah menahkodai STAI adalah (1) KH E. Fakhruddin Masthuro (2) Drs. KH. A. Aziz Masthuro (3) Dr. H. A. Darun Setiady, MSi (4) Drs. KH Hamdun Ahmad, dan (5) Dr. KH. Abubakar Sidik, MAg yang mulai menjabat sejak 2018

 

Share STAI AL-MASTHURIYAH SUKABUMI via
©2017 - 2021 almasthuriyah.id, All Rights Reserved