Seminar Pengembangan Ekonomi


Keluarga Alumni Al-Masthuriyah (Kalam) akan menyelenggarakan seminar pengembangan ekonomi bagi para santri. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk sosialisasi Leu Mart. Leu Mart adalah jenis usaha waralaba yang berbasis keumatan. Salah seorang pengelola Leu Mart, Supli yang juga alumni Al-Masthuriyah lulusan 1979 menjelaskan bahwa Leu Mart ini sangat cocok dengan komunitas pesantren yang berbasis keumatan.

Kegaiatan ini akan dilaksanakan pada Kamis (12/4/2018) di Al-Masthuriyah mulai pukul 08.00. Kegiatan yang dikerjasamakan dengan Leu Mart, Fatayat NU Kab Sukabumi, Muslimat NU Kab Sukabumi dan Kalam ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan pada santri dan alumni. "Kita itu harus punya bisnis. Dengan bisnis, kita akan banyak memberi manfaat banyak kepada orang banyak. Dan kita akan memperkecil ketergantungan kita kepada orang lain", jelas Abubakar Sidik, Ketua Kalam.

Di Al-Masthuriyah kegiatan pengembangan ekonomi dilakukan dengan membuka koperasi pondok pesantren (Kopontren). Koperasi ini bergerak dalam usaha simpan pinjam dan perdagangan. Dalam hal simpan pinjam, koperasi ini pernah bekerja sama dengan Bank Muamalat Indonesia melaksanakan simpan pinjam syariah. Dengan berbagai pelaku bisnis juga telah dilaksanakan kerjasama

Bahkan di Al-Masthuriyah kini sudah dibuka layanan pendidikan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang melatih para santri untuk memiliki jiwa wirausaha selain jiwa pengabdian kepada masyarakat

Kegiatan seminar ini rencanya akan diikuti oleh pengurus MWC NU ti kecamatan se kab Sukabumi, pengurus Fatayat NU Kab Sukabumi, pengurus Muslimat NU Kab Sukabumi, para pimpinan pondok pesantren se-Jawa Barat, para santri dan para alumni.

Share Seminar Pengembangan Ekonomi via
©2017 - 2021 almasthuriyah.id, All Rights Reserved